26 Agustus 2008

Makanan-makanan nyaman di Samarinda


Nasi Kuning dan Lontong
Nasi kuning dan lontong merupakan makanan paling favorit masyarakat Samarinda untuk sarapan pagi dan dapat juga sebagai menu makan siang. Ciri khas nasi kuning Samarinda adalah lauknya berupa ikan haruan (gabus), daging sapi, telur dan soun, dengan taburan serondeng (kelapa parut goreng) dan bumbu bali. Sedangkan lontong adalah lontong berkuah santan dengan lauk seperti pada nasi kuning. Banyak tempat di Samarinda yang menjual nasi kuning dan lontong. Salah satu tempat yang menjual nasi kuning dan lontong yang enak ada di jl. Aminah Syukur, dekat perempatan jl. AR Hakim, Samarinda.

Buras dan Laksa
Masih di sekitar jl. Aminah Syukur, persisnya di jl. Cut Mutia RT. 01 No. 24, Samarinda; kamu dapat menikmati buras dan laksa yang sangat enak. Pemiliknya, Haji Djamaluddin, telah membuka usaha ini sejak 1970-an. Saat ini warung buras dan laksa ini dijalankan oleh anaknya yang bernama Fitri. Buras dan laksa biasa disajikan dengan kuah ikan haruan yang ditumbuk halus dan bersantan. Kamu juga dapat menambahkan potongan ikan haruan, telur dan lain-lain sebagai lauknya.

Coto Makassar
Coto Makassar juga merupakan menu sarapan pagi dan makan siang paling favorit warga Samarinda. Coto Makassar tak dapat lepas dari tradisi dan sejarah kota Samarinda. Dengan bahan daging dan jeroan sapi dan berkuah santan, Coto Makassar biasa dimakan bersama ketupat atau buras. Coto Makasar dijual hampir di setiap jalan dan pelosok kota Samarinda. Beberapa tempat favorit untuk menikmati Coto Makasar yang enak yaitu di jl. Diponegoro (dekat pertigaan jl. KH Abul Hasan) dan jl. DI Panjaitan RT. 04 no. 11, Samarinda.

Tahu Tek
Nawi dan istrinya sudah tujuh tahun mangkal di depan sebuah toko di jl. Diponegoro no. 101, Samarinda, menjual Tahu Tek yang sangat enak rasanya. Profesi sebagai penjual Tahu Tek ini sudah dijalaninya sejak tahun 1992. Awalnya dia menjual Tahu Tek dengan cara berkeliling. Tahu Tek yang sebenarnya adalah makanan khas rakyat Jawa Timur ini terdiri dari tahu goreng yang dipotong-potong dengan menggunakan gunting, ditambah dengan taoge, irisan lontong dan mentimun, serta ditaburi dengan bumbu petis dan kerupuk. Enak banget.

Soto Banjar
Setelah mencicipi berbagai Soto Banjar yang dijual di beberapa tempat di Samarinda, aku rasa Soto Banjar terfavoritku saat ini adalah Soto Banjar yang dijual oleh pasangan Pak Rudy dan Bu Ida yang beralamatkan di jalan Dermaga Gang Beringin no. 3, Samarinda. Menurutku rasa dan aromanya benar-benar merupakan cita rasa Soto Banjar yang sesungguhnya. Rasa dan aroma kuah Soto Banjar sangatlah khas, ini yang membedakan Soto Banjar dengan soto lainnya. Bahan-bahan lainnya, seperti: perkedel, telor, soun, ayam suwir, seledri, bawang goreng dimana-mana hampir sama saja. Coba deh.

18 komentar:

Anonim mengatakan...

Blog-nya bagus banar, kak ai.. kapan-kapan ulun kirimi artikel makanan ke pian lah.. Wassalam.

John mengatakan...

Very nice.. good idea..

Anonim mengatakan...

yummy...yummy...gak diragukan lagi makanan samarinda paling uenaakkk...ngebayanginnya aja bisa netes netes....apalagi dah dihadapan mata ...weleh...weleh...
makin banyak informasi makin banyak pilihan...jadi kalo pulang kampuang tinggal buka website ini saja tul gak choi? Bravo tung sing hui...
info tarussss ya....by the way...apa loe ada hubungan sodara ama tung desam waringin ? hihihi....

Anonim mengatakan...

Bravo bro, bagus sekali ulasannya. Kita2 yg lama tinggal di Smd saja, sbgn tdk tau ada tempat2 makan yg enak tsb. Kalo mau ditelusuri lagi, pasti lebih banyak yg jualan makanan lainnya yg enak, terutama di bulan puasa ini.....AZN

T27A mengatakan...

Enak banar, Pak Chris!
Tapi makanan favorit saya sejak SD di Samarinda yaitu Pisang Gapit!!!
Nyamaaaan banarrr!!!
Kog ga ada nah???
-Tere-

Anonim mengatakan...

Nyaman2 ai....kalo kada nyaman qta2 kda betah di Samarinda. Daya tarik utama ya makanannya,makanya badankoe jd melaaaaar..........hehe. (Encing Emponceng)

Anonim mengatakan...

halo pak anton, nggak nyangka juga anda punya web blog...
makanan samarinda...wah nggak seberapa ngerti... kalo rujak cingur aku suka...
btw, blog nya oke lho... begitu di sms web nya langsung aku browsing...
bravo...
salam buat ibu agnes...


-y-

riftom mengatakan...

wah... keliatannya enak-enak, terutama Tahu Tek tuh...jadi pengen coba..

menings mengatakan...

makanan di samarinda memang enak2. tapi kok nasi kuning depan bpd dan bakso awang long gak di tuliskan juga... pengen cepat2 pulang ke samarinda ni....

Samarinda Online mengatakan...

Halo, Mening.

Terima kasih sudah mampir dan memberi komentarmu di blogku ini. Aku akan meng-update isi blog ini bila nanti aku sempat pulang ke Samarinda lagi. Memang masih banyak jajanan, makanan dan oleh-oleh yang belum sempat kuliputi.

ANTON

Paluhlimbuy mengatakan...

Nasi kuning Favorite ku di Lambung mangkurat depan gang Citra..
7 ribu rupiah udah sama haruan dan telur hehehe...
Lam kenal yow

Samarinda Online mengatakan...

Salam kenal jua.

Boleh tuh. Kena bila aku bulik ke Samarinda aku cari. Makasih lah sudah mampir.

ANTON

Anonim mengatakan...

Soto banjar di gang beringin jalan dermaga? Ya betul, itu yg paling enak, sudah nyoba soalnya...
Trus kalo soto ayam yang enak di jalan yos sudarso, depannya toko roti, pagi2 rame sekali..
Kalo tahu tek yg paling enak di jalan yos sudarso pojok jalan dermaga, wah ramenya (buka malam jam 7.30)...
Kalo tahu campur depan SDK3, jalan hidayatullah, waduh ramenya, cuman bukanya malan jam 8. Kalo bakso? waduh gak ada yg bisa ngalahin bakso lapangan tembak mall SCP dah....

Samarinda Online mengatakan...

@Anonim:
Halo...! Wah, makasih banyak info2 makanannya.. Mudah2an bermanfaat buat teman2 yg mampir di blogku ini. Sukses selalu.

desrilart mengatakan...

mas/mba.. mohon info kuliner nasi jamblang cabang di samarinda ada ngga ya? coz sampai saat ini saya blm menemukan bos..............

mohon info ya ..
thank

Samarinda Online mengatakan...

Halo, Mas Desril. Salam kenal.

Setahu saya ngga ada yang jual nasi jamblang di Samarinda.. :) Makasih sudah mampir.

Madi-san mengatakan...

Nasi campur yang enak di samarinda d mananya leh,...

Samarinda Online mengatakan...

Halo, Madi.. Kurang tau ya dimana ada jual nasi campur yg enak di Samarinda. Terima kasih sdh mampir di blog ini.

Disclaimer:

Kisahku Hidupku adalah kisah nyata kehidupanku. Anda dapat mengutip keseluruhan atau sebagian cerita dalam Kisahku Hidupku dengan menyebutkan sumbernya dari sini dan/atau membuat tautan (link) ke blog ini.

Foto-foto dalam blog ini keseluruhan merupakan hasil karyaku, kecuali jika dinyatakan lain. Anda dapat menggunakannya dengan menyebutkan sumbernya dari sini dan/atau membuat tautan (link) ke blog ini.

Karya-karya dalam Sebuah Pemenungan dan Humor Pilihan dianggap sebagai bahan yang dikonsumsi umum, diperoleh dari berbagai sumber seperti e-mail, milis, media cetak dan internet, sebagian besar sumbernya telah disebut. Beberapa diantaranya tidak, karena tidak diketahui sumber aslinya. Apabila Anda sebagai pemilik atau pengarang aslinya dan disertai bukti maka dengan senang hati aku akan membuat tautan (link), mencantumkan nama Anda atau menghapusnya.